Abstract:
Herri, 2018. Skripsi , Upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak tunagrahita ringan dengan menggunakan media kelereng warn akelas 1 SDLB Negeri Selat Kuala Kapuas. Program Studi Ilmu Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Ilmu Pendidian, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendididkan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (1) Noviana Sari, M.A dan Pembimbing (2) Mustikawati, M.Pd.
Penelitian menggunakan metode deskriftif yaitu cara penelitian yang berpusat pada masalah-masalah yang terjadi pada masa lampau, sekarang dan yang akan datang. Metode penelitian tindakan yang digunakan adalah model siklus. Langkah-langkah penelitian terdiri dari : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menemukanbahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak dari awalnta kurang baik pada pertemuan ke-1 menjadi cukup baik pada pertemuan ke-2. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-3 terjadi perkembangan yang sangat pesat lagi, dimana kemampuan siswa menjadi perkembangan yang sangat baik. Gambaran ini memberi arti bahwa cara berhitung dengan menggunakan kelereng dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung. Kemudian dari segiaktivitas guru juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada hasil siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata 2, 1 (kualifikasi C), pertemuan ke-2 rata-rata 2, 9 (kualifikasi C), sedangkan pada siklus II pertemuan ke-3 dengan rata-rata 2, 8 (kualifikasi C) meningkat menjadi 3, 8 (kualifikasi B) pada pertemuan ke -4.