Abstract:
ABSTRAK
Mubarak, Muhammad Azril. 2022. Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model GANESA di SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Diani Ayu Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis, Komunikasi, Hasil Belajar, GANESA.
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan komunikasi yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa, memacu siswa untuk berpikir kritis dan berkomunikasi. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran GANESA (Group Investigation, Vizualitation Auditory Kinesthetic, dan Teams Games Tournament). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, komunikasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 15 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja peserta didik dan evaluasi. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari kriteria “cukup aktif” menjadi “sangat aktif”. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan I sampai IV meningkat dari kriteria “kurang terampil” menjadi “sangat terampil”. Keterampilan komunikasi pada pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan dari kriteria “kurang terampil” menjadi “sangat terampil”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan secara klasikal.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model GANESA dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi, serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, berpikir kritis dan berkomunikasi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.