Abstract:
Media pembelajaran interaktif berbasis web yakni sebuah media pembelajaran yang mampu dijangkau kapan saja dan dimana saja melaui internet. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan model discovery learning untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Metode yang dipakai pada penelitian adalah R&D dengan model ADDIE. Pada langkah implementasi menetapkan One Group Pretest-Posttest Design sebagai desain uji coba melalui responden sebanyak 20 siswa dan 1 guru MTsN 2 Kota Banjarmasin. Data penelitian diakumulasi memakai instrumen berupa lembar validitas, angket respon, serta tes hasil belajar siswa. Validitas dinilai oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media menunjukkan kategori sangat tinggi. Kepraktisan didapat berdasarkan angket guru dan siswa menunjukkan hasil yang positif karena persentase pilihan jawaban terbesar yaitu setuju dan sangat setuju. Efektifitas didapat melalui hasil tes belajar siswa yang memperoleh n-gain kriteria sedang sehingga media dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan yang dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan model discovery learning untuk siswa SMP/MTs kelas VII yang dikembangkan layak untuk digunakan