Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan guru pendidikan tentang penanganan cedera saat pembelajaran dengan metode RICE.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisi dengan metode analisis data statistik deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada sampel.
Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan populasi penelitian sebanyak 14 orang guru pendidikan jasmani SMPN Se- Kecamatan Martapura Kota dan sampel sebanyak 14 orang guru pendidikan jasmani SMPN Se- Kecamatan Martapura Kota. Sampel ditentukan dengan teknik total sampling.
Data yang terkumpul selama penelitian adalah data kasar tentang pengetahuan guru pendidikan jasmani dalam menangani cedera saat pembelajaran menggunakan metode RICE.
Kesimpulan hasil penelitian tersebut diketahui 35.71% yaitu 5 dari 14 orang guru yang diteliti berada pada kategori Sangat Tinggi, 35.71% yaitu 5 dari 14 orang guru yang diteliti berada pada kategori Tinggi.
Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, penanganan cedera, RICE.