Abstract:
ABSTRAK
Aprida, Nisa (2022) “Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada materi Keberagaman Ekonomi menggunakan model Grow Up Together di kelas IV SDN 1 Murung B”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ibu Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Grow Up Together.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar. Hal ini dikarenakan siswa kurang menyukai hapalan-hapalan pada mata pelajaran IPS, tidak mampu berpikir logis dan kritis, terlalu asik bermain dikelas, kurang mampu berkomunikasi dan bekerjasama secara baik. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui model Grow Up Together pada penelitian tindakan kelas di SDN 1 Murung B. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 1 Murung B tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 8 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, dan pertemuan 3 mencapai sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria sebagian kurang aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan 1 mencapai 50%, pertemuan 2 mencapai 62.50%, dan pertemuan 3 mencapai 87.50%. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 mencapai 37.50%, pertemuan 2 mencapai 62.50%, dan pertemuan 3 mencapai 87.50%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Grow Up Together dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis materi Keberagaman Ekonomi menggunakan model Grow Up Together pada kelas IV SDN 1 Murung B dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.