Abstract:
Sepriyani, Ika. 2022 Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Diary Pada Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak Di SDN Handil Banyiur 2. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST.M.Pd.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar , Motivasi Belajar, Diary
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada muatan IPA. Ini di sebabkan karena proses pembelajaran yang kurang bervariasi, belum berpusat pada siswa, masih belum mampu berfikir kritis dan ilmiah, pemahan konsep siswa pada materi pembelajaran rendah, kurangnya keaktifan dan minat siswa dalam belajar. Untuk Mengatasi permasalahan dengan model pembelajaran Diary kombinasi model Discovery Learning, Air dan Inquiry. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, motivasi belajar siswa serta peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Setting penelitian dilakukan di kelas IV SDN Handil Banyiur 2 dengan jumlah siswa 9 orang, 5 orang siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diambil merupakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa. Untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan table, grafik dan interpretasi dengan presentase.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Motivasi siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 67% hingga 100?ngan kriteria Sangat tinggi. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 44% hingga 100?ngan kriteria sangat aktif. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar siswa aspek kognitif pertemuan 1 sampai 4 dari 67% hingga 100%, Aspek afektif pertemuan 1 sampai 4 dari 44% hingga 100%, dan aspek psikomotor dari pertemuan 1 sampai 4 dari 33% hingga 100%.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran DIARY berhasil meningkatkan Aktivitas guru, Aktivitas siswa dan Motivasi Belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar. Disarankan dalam penggunaan model DIARY dapat dijadikan sebagai salah satu refleksi, referensi dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa.