Abstract:
Abtrak
Penelitian ini bertujuan agar peserta didik mampu menulis karangan narasi berdasarkan gambar yang sudah disediakan. Pendekatan pada penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hal ini dilakukan karena peneliti dalam proses menganalisis penelitian menggunakan model example non example. Teknik pengumpulan data berupa tes yang memuat aspek penilaian berupa pengumpulan mengenai kemampuan subjek penelitian dengan cara pengukuran, misalnya untuk mengukur kemampuan subjek penelitian dalam penguasaan materi tertentu maka akan dilakukan tes tertulis (berupa soal) dan kreativitas dan imajinatif karangan. hasil penelitian pada pembelajaran menulis teks narasi menggunakan model example non example pada peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah Sungai Pandan yaitu; 1)Pada pembelajaran ini adalah mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar, dengan indikator pencapaian kompetensi 2) Gambaran keaktifan belajar dan tanggung jawab peserta didik tidak semua dapat terpenuhi.
Kata Kunci: menulis narasi, example non example, karangan.