Abstract:
Rahman, Muhammad Arif Nor 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Balok Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) Dan Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr.Hj.Susilawaty, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning Model Numbered Head Together
Permasalahan rendahya hasil belajar matematika pada materi volume balok yang terjadi pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Hal ini karna siswa belum mampu untuk berpikir kritis, berinteraksi dan bekerjasama dengan baik. Penyebabnya yakni pembelajaran masih bersifat teacher centered, ,materi yang diberikan selalu abstrak dan memberikan soal tanpa adanya bimbingan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT).
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dirancang 2 siklus 3 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa dikumpulkan selama proses pembelajaran.Butir butir soal untuk di gunakan mencari hasil belajar dikumpulkan pada akhir pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik ,dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari skor 27 dengan kriteria baik menjadi 39 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal meningkat dari 70?ngan kriteria cukup aktif menjadi 100?ngan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 60% menjadi 100% (klasikal). Berdasarkan penelitian ini maka model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan motivasi belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi volume balok.