Abstract:
Pentingnya kesiapan bagi calon pendidikan memasuki dunia kerja dipengaruhi oleh minat dan pengalaman. Hasil penelitian bermaksud menyimpulkan pengaruh minat menjadi guru dan efektifitas belajar micro teaching terhadap kesiapan mengajar. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian 638 mahasiswa pendidikan ekonomi aktif yang telah mengambil dan lulus mata kuliah micro teaching. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentsi. Menggunakan uji validitas, uji reabilitas, normalitas, linearitas. Teknik analisis menggunkan regresilinear berganda, korelasi sederhana, dan korelasi parsial dengan SPSS. Hasil uji validitas angket kesiapan mengajar 0,670 dan variabel pembelajaran micro teaching 0,577. Hipotesis penelitian menunjukan adanya pengaruh minat dan pembelajaran micro teaching terhadap kesiapan mengajar setelah dilakukan analisis korelasi sebesar r hitung 0,585 pengaruh yang cukup kuat pada kategori 0,400 – 0,599.