Abstract:
STRATEGI GURU GEOGRAFI BERDASARKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DALAM MENGHADAPI NEW NORMAL DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KABUPATEN BARITO KUALA
Ni Wayan Ratih Sulasih, Sidharta Atyatma, Akhmad Munaya Rahman
Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Intisari
Penelitian ini berjudul “ Strategi Guru Geografi berdasarkan Kompetensi Profesional dalam menghadapi New Normal di masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Barito Kuala “. Permasalahan dalam penelitian ini adalah new normal mengakibatkan siswa terbiasa belajar santai karena pengaruh pembelajaran daring dan sikap siswa kurang terbina selama pembelajaran tatap muka berlangsung. Siswa kurang aktif karena masih terbawa suasana pandemi pada saat pembelajaran daring yang cenderung masih kurangnya interaksi guru dengan siswa. Bagaimana strategi guru geografi berdasarkan kompetensi profesional dalam menghadapi new normal di masa pandemi covid 19 di Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan strategi guru geografi berdasarkan kompetensi profesional dalam menghadapi new normal di masa pandemi covid 19 di Kabupaten Barito Kuala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dalah kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 orang, yaitu guru geografi di Kabupaten Barito Kuala. Pengumpulan data strategi guru geografi berdasarkan kompetensi profesional dalam menghadapi new normal di masa pandemi covid 19 di kabupaten barito kuala menggunakan google formulir dan dihitung menggunakan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan metode pembelajaran yang lebih kreatif dengan membuat siswa dapat lebih aktif. Cara yang dilakukan guru yaitu dengan mengolah materi yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Guru menyesuaikan kebutuhan siswa dalam mengolah materi agar sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, memberikan materi yang berbeda kepada setiap siswa. Agar siswa lebih inovasi dan kreatif, selain itu guru juga memberikan penjelasan yang kurang dimengerti oleh peserta didik, guru memberikan materi dengan membuat modul dan menyisipkan video ringkasan pembelajaran, guru menambahkan wawasan tentang fenomena yang terjadi dimasyarakat terutama dikalangan remaja, sehingga dapat menghubungkan materi untuk pengembangan pembelajaran, guru meningkatkan literatur dalam pembelajaran. Kendala tertinggi dari guru geografi di Kabupaten Barito Kuala adalah penguasaan penggunaan berbagai media sebanyak 40%.
Kata kunci : strategi guru, kompetensi profesional, pembelajaran new normal