Abstract:
Electronic booklet merupakan salah satu sumber bahan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pembelajaran daring, kurikulum 2013 dan kemajuan IT di bidang pendidikan serta diharapkan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan E-Booklet. Data yang diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Data keefektifan harapan diperoleh dari hasil penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui E-Booklet. Model penelitian yang digunakan yaitu 4D yang terdiri atas: 1) Define, 2) Design dan 3) Development yang selanjutnya pada tahap Development menggunakan desain Evaluasi Formatif Tessmer yakni 1) expert review dan 2) one-to-one evaluation 3) small group evaluation. Subjek uji validitas adalah 2 dosen Pendidikan Biologi dan 1 guru Biologi SMA Negeri 4 Banjarmasin. Subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Banjarmasin dan subjek uji kelompok kecil adalah 4 orang peserta didik pada kelas yang sama. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas E-Booklet berbasis aplikasi android berdasarkan 5 aspek memiliki kategori valid; 2) kepraktisan isi E-Booklet berbasis aplikasi android memiliki daya tarik berdasarkan respon peserta didik dengan kategori sekurang-kurangnya baik, kepraktisan harapan E-Booklet mudah digunakan berdasarkan respon peserta didik dengan kategori sekurang-kurangnya baik; dan 3) keefektifan harapan berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis memiliki kategori sangat baik pada keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, eksplanasi, dan pengaturan diri, serta memiliki kategori baik pada aspek inferensi.
Kata kunci: E-Booklet, Aplikasi Android, Pengembangan Model 4D, Evaluasi Formatif, Sistem Peredaran Darah Manusia.