Abstract:
ABSTRAK
Keterampilan abad ke-21 menekankan pada pembentukan peserta didik yang baik
sesuai dengan kurikulum 2013 yang telah dirancang untuk mendorong pola
pembelajaran kritis bagi peserta didik. Upaya meningkatkan keterampilan berpikir
kritis peserta didik dapat dilakukan melalui penyediaan perangkat pembelajaran
yang sesuai tuntutan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).
Salah satu bahan ajar yang dapat menjadi pilihan yaitu E-LKPD berbasis Problem
Based Learning dengan konsep Ekologi. E-LKPD ini dikembangkan dengan
penggambaran contoh-contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
mencakup persoalan lingkungan yang berdampak pada ekosistem dan
keanekaragaman hayati. E-LKPD merupakan sebuah bentuk penyajian bahan ajar
yang disusun secara sistematis kedalam unit pembelajaran tertentu yang disajikan
dalam format elektronik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk
mendeskripsikan E-LKPD Berbasis PBL Konsep Ekologi di SMA yang meliputi
kesesuaian, kelayakan, keterbacaan oleh peserta didik dan respon peserta didik.
Jenis metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model
4D. Hasil pengembangan E-LKPD berbasis PBL pada konsep Ekologi di SMA
mempunyai nilai persentase kesesuaian sebesar 84,44%, nilai persentase kelayakan
sebesar 83,33%, nilai persentase keterbacaan sebesar 95,56%, dan nilai persentase
respon peserta didik sebesar 94,92%. Penilaian termasuk ke dalam kriteria cukup
sesuai dan cukup layak, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran serta
sangat baik dalam keterbacaan dan respon oleh peserta didik.
Kata kunci: Ekologi, E-LKPD, PBL