Abstract:
Buku sekolah elektronik merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan, akan tetapi sewajarnya buku sekolah elektronik terlihat lebih menarik dengan adanya fitur audio, video, gambar yang memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang disajikan, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Sehingga peneliti ini memiliki tujuan untuk (1) melihat hasil dari penggunaan sebuah multimedia flipbook digital dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI (2) mengetahui tanggapan peserta didik dengan adanya penggunaan multimedia flipbook digital sebagai media pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan teknik analisis uji-t yaitu, dengan membandingkan hasil belajar pretest peserta didik dengan hasil post-test, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik terlihat dari hasil pretest dan post-test, untuk hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 60,31 dan hasil rata-rata dari kelas kontrol sebesar 60,14. Setelah dilaksanakan sebuah treatment pada kelas eksperimen yang menggunakan multimedia flipbook digital dalam pembelajaran menunjukkan rata-rata nilai post-test sebesar 81, 65 dan untuk kelas kontrol yang melakukan pembelajaran tanpa diberikannya treatment menunjukkan hasil rata-rata nilai sebesar 61,58. Berdasarkan hasil analisis data post-test menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, artinya Ha diterima dan artinya terdapat perbedaan dari penggunaan multimedia flipbook dalam pembelajaran dengan pembelajaran tanpa multimedia flipbook