Abstract:
Permasalahan yang terjadi di SDN Pelambuan 2 adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada muatan PPKn, hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan
masih konvensional dan terjadi satu arah (teacher centered). Untuk mengatasi hal
tersebut maka perlu dilakukan peningkatan hasil belajar menggunakan kombinasi
model Connecting Organizing Reflecting Extending dan Mind Mapping.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa,
serta menganalisis hasil belajar siswa pada muatan PPKn kelas V SDN
Pelambuan 2
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data
yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas
guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V A semester genap SDN Pelambuan 2
tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes
tertulis secara individu.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru telah berhasil
mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik, untuk aktivitas siswa secara
klasikal sudah berhasil dan tergolong ke dalam seluruh siswa sangat aktif, serta
hasil belajar siswa secara klasikal juga telah mengalami peningkatan dengan
kriteria tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru-guru di sekolah
dasar dapat menggunakan kombinasi model Connecting Organizing Reflecting
Extending dan Mind Mapping sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran
dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.