Abstract:
Model pembelajaran Problem Based Learning telah banyak diterapkan pada Pembelajaran Matematika karena mampu meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Berbagai jenis penelitian skripsi mengenai model ini banyak dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang dipakai yaitu meta analisis dimana perolehan data penelitian dari skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika di Ruang Baca FKIP ULM. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu dokumentasi pengumpulan data dan informasi berbentuk tulisan angka yang berupa laporan dan keterangan sehingga dapat mendukung penelitian. Teknik analisis data diperoleh melalui proses seleksi ketat dengan kriteria tertentu yaitu berjumlah 14 skripsi dan skripsi yang memenuhi kriteria tersebut berjumlah 7 untuk dianalisis menggunakan software Comprehensive Meta Analysis (CMA) V3.0 dan Microsoft Excel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Secara keseluruhan model Problem Based Learning berpengaruh pada Pembelajaran Matematika dengan effect size 1,118 masuk dalam kategori efek besar;(2) Berdasarkan jenjang pendidikan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki hasil -effect size kategori besar dan yang paling berpengaruh diterapkan dijenjang SMP/SLTP;(3) Berdasarkan kelima variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis, penalaran matematis, pemahaman konsep matematika, koneksi matematis, dan hasil belajar nilai effect size termasuk kategori besar dan yang paling berpengaruh dipakai pada kemampuan koneksi matematis.
Kata kunci: Problem Based Learning, Meta Analisis, effect size, Pembelajaran Matematika