Abstract:
ABSTRAK
Peran yang dimiliki guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi peserta didik sangat penting dalam proses pembelajaran. Selama pandemi COVID-19 pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas dilakukan secara daring sehingga kemampuan literasi menurun, seiring dengan berjalannya waktu maka dilaksanakan pembelajaran luring dan terlihat bahwa semangat peserta didik mulai tumbuh dan minat baca peserta didik meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan kemampuasn literasi peserta didik kelas X pada pembelajaran era abad ke-21 di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala likert. Skala yang digunakan dari angka 1-5 yang diperoleh berdasarkan jawaban pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi memiliki kategori sangat berperan dengan nilai 87,4%. Peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas pada pembelajaran era abad ke-21 yaitu membuat kegiatan/program membaca buku sebelum pembelajaran dimulai selama 15 menit, membuat pojok baca dan membuat jadwal wajib kunjungan perpustakaan.
Kata kunci: peran guru, kemampuan literasi, pembelajaran abad ke-21