Abstract:
ABSTRAK
Kamsiah, 2022 Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Matematika
Menggunakan Kombinasi Model RME, Snowball Throwing dan TGT
Dibantu Media Papan Berpaku Siswa Kelas IV SDN Telawang 1
Banjarmasin Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd
Kata Kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil belajar, RME, Snowball
Throwing, TGT dan Papan Berpaku.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa
karena siswa pasif dalam pembelajaran. Kurang memahami konsep matematika
yang dipelajari, siswa mengalami kejenuhan dan kurang inovasi belajar yang
mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Telawang 1
Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui
kombinasi model RME, Snowball Throwing dan TGT Dibantu Media Papan
Berpaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru,
aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif
dengan jenis penelitian tindak kelas, yang dilaksanakan denga empat kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Telawang
1 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa 10 orang. Jenis data
dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif
diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ?
33 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ?80% (sangat
aktif dan aktif). Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa
dengan indikator ketuntasan belajar individu mencapai nilai ?75 dan secara
klasikal ? 80?ri seluruh siswa yang mencapai nilai ?75.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III
mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik.
Aktivitas siswa pada pertemuan I dengan kriteria hampir seluruhnya aktif,
pertemuan II mencapai kriteria sebagian kecil aktif, pertemuan III mencapai kriteria
sebagian besar aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria seluruhnya aktif.
Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I yaitu masih 20%,
pertemuan II Mencapai 60%, pertemuan III mencapai 80?n pertemuan IV
mencapai 100%.
Berdasarkan temuan ini dpat disimpulkan bahwa Kombinasi Model RME,
Snowball Throwing dan TGT Dibantu Media Papan Berpaku dapat meningkatkan
pemahaman hasil belajar materi bangun datar di kelas IV SDN Telawang 1
Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan
pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.