Abstract:
Loudry Azrul Risandy, NIM A1D115216, 2019, Analisis Tingkat Kebugaran Jasamai Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Pada Peserta Didik Sekolah Menengh Pertama Negeri Karang Intan Tahun 2019/2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. H. M.Kusaini, M.Pd. (II) Drs. Abd. Hamid, M.Pd.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Tingkat Kebugaran Jasmani Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.Populasi Penelitian ini adalah peserta didik SMPN 1 Karang Intan dan SMPN 2 Karang Intan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 217 peserta didik, sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 peserta didik usia 13- 15 tahun, yang terdiri dari 23 orang putera dan 6 orang puteri. Hasil observasi di lapangan bahwa sarana dan prasaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 1 Karang Intan, SMP Negeri 2 Karang Intan “Cukup”Sedangkan hasil penelitian tes kesegaran jasmani Indonesia menunjukkan pada SMP Negeri 1 Karang Intan pada kategori “Baik” 1 Peserta didik dengan presentase 6,25%, “Sedang” 10 peserta didik dengan presentase 62,5%, “Kurang” 5 peserta didik dengan presentase 31,25%. Dan SMP Negeri 2 Karang Intan pada kstegori “Baik” 2 peserta didik dengan presentasi 15,38%, “Sedang” 6 peserda didik dengan presentase 46,16%, “Kurang” 5 peserta didik dengan presentase 38,46%.
Kesimpulan penelitian adalah tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMP Negeri 1 Karang Intan dan SMP Negeri 2 Karang Intan sebagian besar berkategori “Sedang” dan untuk Sarana dan prasarana pendidikan jasmani berkategori “Cukup”.
Kata Kunci : Analisi, Tingkat Kebugaran Jasmani, Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Karang Intan Tahun 2019/2020.