Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa disebabkan karena aktivitas pembelajaran cenderung masih berfokus pada guru, siswa masih malu bertanya pada guru dalam menggali informasi, siswa masih menunggu arahan guru dalam pemecahan masalah dan kurangnya penggunaan media visual serta jarang mengkombinasikan model. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model PROKLAMASI. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis peningkatan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa dalam mautan PPKn tema 7. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan data kualitatif diperoleh dari aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas guru berjalan dengan sangat baik dan meningkat pada setiap pertemuanya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa juga terus meningkat. Disarankan untuk guru bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT), dan Make a Match.