Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal (terhadap hasil uji sertifikasi profesi akuntansi sub unit memproses entry journal pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP ULM angkatan 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian menggunakan sampel jenuh terdiri dari 44 mahasiswa peserta uji sertifikasi, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan SMART-PLS dengan teknik analisis uji model struktural atau inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal secara simultan berpengaruh sebesar 45,3%. Secara parsial diketahui faktor internal didominasi oleh indikator psikologi dengan pengaruh positif dan signifikan, indikator jasmani dan kelelahan berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Selanjutnya secara pasrsial faktor eksternal tidak pengaruh terhadap hasil uji sertifikasi profesi akuntansi. Hasil tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi peserta uji sertifikasi profesi agar mampu meninggkatkan hasil uji sertifikasi profesi akuntansi dengan memperhatikan faktor yang paling dominan. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil uji sertifikasi profesi akuntansi dan meneliti diberbagai perspektif seperti perspektif dosen pengajar, program studi ataupun lembaga yang menyelenggarakan.
Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Uji Sertifikasi Profesi Akuntansi