Abstract:
Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia merubah pola pembelajaran. Pembatasan interaksi selama masa pandemi Covid-19 membuat pembelajaran dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Akibat pembelajaran daring (dalam jaringan) pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran berkurang, sehingga siswa kurang terlibat aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan aktivitas siswa oleh guru sejarah kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Batu Ampar Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian upaya guru dalam pengelolaan pembelajaran sejarah secara daring (dalam jaringan) Guru menyiapkan RPP sesuai dengan Kurikulum 2013, guru menggunakan model pembelajaran problem based learning dan metode diskusi, ceramah, tanya jawab untuk mengelola kelas. Guru menggunakan aplikasi google classroom untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran, guru memvariasikan media pembelajaran dengan menambahkan video dari Youtube dan artikel online. Bentuk evaluasi yang digunakan oleh guru seperti soal quiz berbentuk Google Form.
Kata Kunci : Pengelolaan, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sejarah