Abstract:
Muslehah, Siti. 2022. Implementasi Model PT BARUANG Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Zain Ahmad Fauzi, M.Pd
Kata Kunci: PT BARUANG, Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Pada saat ini, pendidikan bukan lagi hanya menuntut peserta didik memiliki kemampuan 4C melainkan 6C dan pembelajaran harus PAKEM, sehingga nantinya akan dapat menghasilkan manusia yang cerdas, berwawasan luas dan berakhlak mulia. Adapun permasalahan pada penelitian ini yaitu peserta didik bersifat pasif, belum mampu berpikir kritis, cepat bosan dalam belajar dan kurangnya pemahaman terhadap materi pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan pada peserta didik kelas V SDN Telawang 1 yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pembelajaran menggunakan model PT BARUANG. Model PT BARUANG adalah singkatan dari Problem Based Learning, Team Games Tournament dengan permainan ular tangga dan media Bangun Ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan setiap siklus ditempuh selama enam hari, dilaksanakan dikelas V SDN Telawang 1 yang berjumlah 11 orang peserta didik. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan pendidik dan peserta didik, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar peserta didik yang didapat melalui tes dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% peserta didik mencapai KKM nilai ? 80.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada siklus I hingga siklus II dengan perolehan aktivitas pendidik dalam melaksanakan model pembelajaran mendapat kriteria “baik” pada siklus I dan mendapat kriteria “sangat baik” pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus I mendapat kriteria “sebagian besar aktif” dan meningkat menjadi “hampir seluruhnya aktif” pada siklus II. Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I mendapat kriteria “sebagian kecil kritis” dan meningkat menjadi “hampir seluruhnya kritis” pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik mendapat kriteria “sebagian besar tuntas” pada siklus I dan meningkat menjadi “seluruhnya tuntas” pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pendidik dalam menggunakan model PT BARUANG dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Disarankan agar pendidik dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran pada penelitian ini sehingga dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.