Abstract:
Sulaksono, Karina Humaira Chandraningtyas, 2022. Meningkatkan Keaktifan dan Kerja Sama Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Team Games Tournament, Problem Based Learning dan Make a Match. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Keaktifan, Kerja Sama,. Team Games Tournament, Problem Based Learning, Make a Match
Permasalahan pada penelitian ini adalah kurang aktif dan kerja sama siswa. Hal tersebut disebabakan pembelajaran masih bersifat satu arah, model pembelajaran tidak bervariasi dan tidak menarik, serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament, Problem Based Learning, Make a Match dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, kerja sama siswa dan Hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Siswa kelas V SDN Telawang 3 Banjarmasin, yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan, pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022 merupakan subjek dari penelitian ini. Data yang diambil diperoleh melalui observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 72?ngan kriteria “Baik” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100?ngan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 30?ngan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 95?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Keaktifan siswa pada pertemuan 1 mencapai 25?ngan kriteria “Kurang Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Kerja sama siswa pada pertemuan 1 mencapai 20?ngan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 90?ngan kriteria “Sangat Aktif” Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 25% meningkat pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 95%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team Games Tournament, Problem Based Learning, Make a Match dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, kekatifan siswa, kerja sama siswa, dan hasil belajar pada siswa. Penulis berharap penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.