Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani dari aspek frekuensi aktivitas fisik peserta didik SMP Sederajat Di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan serangkaian tes kebugaran jasmani indonesia dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 peserta didik MTsN 2 Hulu Sungai Utara yang berusia antara 13-15 tahun. Dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran jasmani peserta didik MTsN 2 Hulu Sungai Utara terdapat 23 peserta didik (25,0%) klasifikasi “Kurang Sekali”, 47 peserta didik (51,1%) klasifikasi “Kurang”, 21 peserta didik (22,8%) klasifikasi “Sedang”, 1 peserta didik (1,1%) klasifikasi “Baik”, dan 0 peserta didik (0,0%) klasifikasi “Baik Sekali”. Berdasarkan data TKJI maka klasifikasi kebugaran jasmani peserta didik MTsN 2 HSU dalam klasifikasi “Kurang”. Sedangkan dari hasil kuesioner aspek frekuensi aktivitas fisik peserta didik di MTsN 2 HSU sudah mencukupi teori frekuensi kebugaran jasmani yaitu 2-3 kali dalam seminggu melakukan aktivitas fisik.
Kata kunci: Analisis, Kebugaran Jasmani, Frekuensi Aktivitas Fisik, MTsN
2 HSU.