Abstract:
Hidayat, Muhammad Erdin. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Model PROGRESS Di Kelas V SDN 1 Wasah Hilir Kandangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Akhmad Riandy Agusta, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas, Disiplin, Hasil Belajar Model PROGRESS
Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena siswa belum terlatih dalam menggali informasi, siswa kurang memahami langkah-langkah pemecahan masalah dari masalah yang tersedia sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa kelas V SDN 1 Wasah Hilir Kandangan pada pelajaran PPKn. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas, disiplin belajar, dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran PROGRESS (berpikir kritis memecahkan masalah aktif dan inovatif) yang diadopsi dari model pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigations dan Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN 1 Wasah Hilir Kandangan tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan angket disiplin belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 cukup baik, pertemuan 2 baik, dan pertemuan 3 sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 cukup aktif, pertemuan 2 aktif, dan pertemuan 3 sangat aktif. Disiplin belajar siswa pertemuan 1 cukup disiplin, pertemuan 2 disiplin, dan pertemuan 3 sangat disiplin, dengan setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 50%, pertemuan 2 mencapai 80%, dan 3 mencapai 100%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran PROGRESS dapat meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.