Abstract:
Fitri, Anisa. 2022. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Menggunakan
Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Scrambel dan
Talking Stick Siswa Kelas IV SDN Belitung Utara 1 Banjarmasin”. Skripsi
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing
Drs. Khairil Anwar M.Pd.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Membaca Intensif, Model Cooperative
Integrated Reading and Composition, Scramble dan Talking Stick.
Permasalahan yang terjadi di SDN Belitung Utara 1 Banjarmasin yaitu
rendahnya keterampilan membaca intensif dalam menemukan ide pokok,
kurangnya minat dan kepercayaan diri siswa terutama dalam keterampilan
membaca, siswa kurang mampu menemukan ide pokok pada teks melalui membaca
intensif, pembelajaran yang kurang menarik, dan siswa kurang aktif dalam
pembelajaran. Pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and
Composition, Scramble dan Talking Stick ini adalah solusi terbaik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan
membaca dan meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan membaca
intensif dalam menemukan ide pokok siswa kelas IV SDN Belitung Utara 1
Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV SDN Belitung Utara 1 Banjarmsin tahun ajaran
2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, angket motivasi belajar
siswa, serta tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif
analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interprestasi dengan persentase
dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1
sampai pertemuan 4 meningkat dari 21 dengan kriteria baik hingga 30 dengan
kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4
meningkat dari 46% hingga 92,85%. Hasil belajar aspek kognitif dari 36% hingga
100%. Dengan demikian model Cooperative,Integrated, Reading and Composition
Scramble dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa,
keterampilan membaca siswa, dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model
Cooperative Integrated Reading and Composition, Scramble dan Talking Stick
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan
model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa
yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.