Abstract:
Tuntutan hidup menuntut manusia untuk mempunyai kompetensi matematika. Soal yang digunakan di sekolah belum memfasilitasi siswa dengan literasi matematika karena hanya berurusan dengan pengetahuan prosedural. Salah satu upaya untuk memperbaikinya yaitu dengan mengembangkan soal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan soal matematika dalam materi statistika kelas VIII berbasis etnomatematika untuk mengukur literasi matematika siswa secara praktis serta valid. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa validasi ahli memperoleh skor rata-rata sebesar 0,9155 yang artinya produk dapat dikatakan valid. Uji coba dilakukan di kelas VIII H SMP Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 31 siswa, pada tahap uji coba ini diperoleh skor validitas rata-rata sebesar 0,7137 yang artinya produk berada dalam kategori valid. Uji kepraktisan menyatakan bahwa nilai rata-rata kepraktisan produk adalah 3,38. Berdasarkan hasil tersebut maka produk dikatakan valid oleh ahli dengan kategori “Sangat Tinggi” dan valid berdasarkan hasil uji coba. Reliabilitas produk mencapai kategori “Sangat Tinggi”, dan kepraktisan produk termasuk dalam kategori “Praktis” berdasarkan rata-rata angket respon positif siswa.