Abstract:
Rizkia, Dina. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar M.Pd. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match. Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang, dimana siswa masih kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa di kelas 5 SDN Sungai Miai 8. Salah satu upaya meningkatkan pembelajaran yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 19 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik di interprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sampai siklus II meningkat dari 31 dengan kriteria baik hingga 37 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat dari 42,11 hingga 94,73%. Hasil belajar aspek kognitif dari 31,58% hingga 100%. Dengan demikian model Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Pembelajaran Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.