Abstract:
Perkembangan pendidikan harus diiringi dengan integrasi teknologi dalam prosesnya. Perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi sorotan dalam dunia pendidikan. Pengembangan media pembelajaran berbasis android juga menjadi salah satu tren yang makin didukung setelah pandemi covid-19. Integrasi teknologi diharapkan selaras dengan peningkatan literasi sains peserta didik. Literasi sains menjadi tagihan abad 21 sebagai hasil dari proses belajar. penggunaan media dan pendekatan yang sesuai akan menjadi keadaan yang mendukung peningkatan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis android bermuatan pendekatan STEAM (science, technology, engineering, Art and Mathematics) pada materi bioteknologi konvensional.
Metode dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D dengan desain evaluasi Tessmer yang terdiri dari tahapan self evaluation, expert review, one to one evaluations, dan small groups evaluations.Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan diukur dari skor validitas ahli, keterbacaan, dan kepraktisan. Nilai rata-rata validitas media 0,85 dalam kategori sangat valid. Nilai keterbacaan adalah 80,21?ngan kategori keterbacaan tinggi dan nilai kepraktisan 85,23?lam kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Pengembangan media, berbasis android, STEAM