Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab siswa dalam pembelajaran PPKn Di SMK Negeri 4 Banjarmasin. Untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai tanggung jawab kepada siswa saat pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Banjarmasin. Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan nilai tanggung jawab kepada siswa saat pembelajaran daring.
Jenis penelitian ini menggunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuannya agar dapat memberikan peluang bagi peneliti untuk memperoleh gambaran dari permasalahan berupa kata-kata, deskripsi, dan tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis daring di mata pelajaran PPKn telah dilaksanakan sejak Maret 2020, dalam pelaksanaannya menggunakan berbagai macam aplikasi diantaranya whatsapp, google classroom, google meet, dan zoom. Pelaksanaan pembelajaran daring di mata pelajaran PPkn dalam penerapannya meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, strategi pengantaran/penyampaian, serta media dan teknologi pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring di mata pelajaran PPKn meliputi faktor teknologi, karakteristik pengajar, dan karakteristik peserta didik.
Kata Kunci : Guru, Nilai Tanggung Jawab.