Abstract:
Yusnita, Ghina. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ips Tema 7 Indahnya
Keragaman Di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Mindhead
Teams Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Setiap Barabai. Skripsi Program S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike
Hananik, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, Numbered Head Together, Teams
Games Tournament.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar di kelas IV
SDN 1 Setiap Barabai. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat
satu arah yang mana pembelajaran hanya terpusat kepada guru, kemudian siswa
kurang terlibat didalam proses pembelajaran sehingga menjadikan siswa menjadi
pasif, serta pembelajaran masih belum menggunakan strategi dan model
pembelajaran yang menarik. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa ini maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan kombinasi model pembelajaran Mindhead Teams. Tujuan
dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas, dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 14 orang.
Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa,
sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar. Data dihasilkan dari
lembar instrumen observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan
teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya
diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator
keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan
belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh
skor 23 kriteria “Baik”, pertemuan II memperoleh skor 26 kriteria “Sangat Baik”,
pertemuan III memperoleh skor 29 kriteria “Sangat Baik” dan pertemuan IV
memperoleh skor 32 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pertemuan I
mencapai kriteria “Sebagian Kecil Siswa Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria
“Siswa Hampir Aktif”, pertemuan III mencapai kriteria “Hampir Seluruh Siswa
Aktif” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Seluruh Siswa Sangat Aktif”. Hasil
belajar siswa pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II mencapai 57,14%,
pertemuan III mencapai 71,43%, dan pertemuan IV mencapai 100%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi
kepala sekolah, guru serta peneliti lain adalah agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran.