Abstract:
ABSTRAK
Zaman, Saiful. 2021. Penggunaan Media Interaktif dalam Anekdot Pembelajaran “Menulis Teks”
Kelas X SMK Negeri 4 Banjarmasin. Tesis. Program studi bahasa Indonesia
dan pendidikan sastra. Departemen Bahasa dan Seni. FKIP, Lambung
Universitas Mangkurat. Banjarmasin. Pengawas: (saya); Rusma Noortyani, M.Pd.
(II); Ahsani Taqwiem, M.Pd.
Kata kunci: pembelajaran online, media interaktif, teks anekdot.
Teks anekdot adalah cerita pendek lucu dan mudah diingat, tentang penting atau terkenal
orang berdasarkan peristiwa yang sebenarnya. Ciri-ciri teks anekdot menggelitik, menyindir atau
mengkritik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan pembelajaran menulis deskripsi
teks anekdot dan mendeskripsikan penggunaan media interaktif audio visual dalam pembelajaran
teks anekdot pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Banjarmasin.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data
Sumber penelitian ini adalah 1 guru bahasa Indonesia dan 34 siswa kelas X Busana 2 SMK
Negeri 4 Banjarmasin.
Data yang digunakan adalah gambaran proses pembelajaran yang diperoleh melalui online
pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis
teks anekdot menggunakan media interaktif untuk siswa kelas X Busana SMK Negeri 4
Banjarmasin yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
dan penilaian hasil belajar. Dalam aspek perencanaan, pendidik sudah dapat membuat
RPP dengan baik karena mengandung komponen pelaksanaan pembelajaran sehingga mendapatkan
skor rata-rata 90 dengan kategori sangat baik.