Abstract:
ABSTRAK
Aminah Nurul Aini, Siti. 2022 Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Komunikasi, Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Menggunakan Model Treasure Pada Siswa Kelas V Sdn Sungai Miai 2 Kota Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.
Kata kunci: Aktivitas Siswa, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar, Model TREASURE
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan komunikasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Miai 2 pada pembelajaran PKN Penyebabnya adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, model yang digunakan dalam penyajian materi pelajaran tidak menarik, siswa kurang terlatih dalam menyelesaikan soal bersifat kontekstual yang menuntut penalaran, rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model TREASURE, untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model TREASURE, menganalisis model pembelajaran TREASURE dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan komunikasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kualitatif, teknik pengumpulan data deskriptif dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Sungai Miai 2 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan pada hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, keterampilan komunikasi, keterampilan berpikir kritis, dan hasil tes belajar siswa. Pertema data dianalisi dengan teknik deskriptif serta digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik dan diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai rencana dengan skor 27 pada pertemuan 4 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 aktivitas siswa presentase 50% kriteria sebagian dan pada pertemuan 4 presentase 100?ngan kriteria “seluruh”. Keterampilan komunikasi juga meningkat pada pertemuan 1 dengan presentase 36?ngan kriteria “sebagian kecil” dan pada pertemuan 4 dengan presentase 100?ngan kriteria “seluruh”. Keterampilan berpikir kritis juga meningkat dengan signifikan pada pertemua 1 dengan presentase 36?ngan kriteria “sebagian kecil” dan mengalami peningkatan pada pertemuan 4 dengan presentase 100?ngan kriteria “seluruh”. Hasil belajar juga meningkat pada pertemuan 1 presentase siswa tuntas 43?ngan kriteria “sebagian kecil tuntas” dan meningkat pada pertemuan 4 dengan presentase siswa tuntas 93?ngan kriteria “sebagian besar tuntas”.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Treasure dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan komunikasi, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. adapaun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagao salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran pada muatan PKN.