Abstract:
Universal Design for Learning merupakan sebuah solusi untuk menghadapi keberagaman karakteristik siswa di kelas inklusi, namun pada kenyataannya masih banyak sekolah penyelenggara inklusi belum optimal dalam menerapkan UDL sebagai sebuah kerangka pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi UDL di sekolah inklusi, 2) Hambatan implementasi UDL di sekolah inklusi, 3) Solusi implementasi UDL di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur (Literature Review). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yaitu jurnal internasional dan nasional dengan tahun publikasi 10 tahun terakhir dengan jumlah keseluruhan 20 jurnal yang di screening sesuai dengan kriteria. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa, 1) Penerapan UDL di sekolah penyelenggara inklusi dimasukkan ke dalam beberapa acuan pembelajaran seperti RPP, strategi hingga pada media pembelajaran dengan memperhatikan 3 prinsip UDL yaitu keterlibatan, representasi dan ekspresi. 2) Hambatan penerapan UDL di sekolah inklusi diantaranya kurangnya personel dalam menerapkan UDL, kurangnya keterampilan guru, dll. 3) Solusi yang dapat dilakukan terhadap hambatan yang dihadapi salah satunya adalah dengan diadakannya pelatihan atau kursus berupa warkshop pengembangan profesional guru.