Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari peserta didik terhadap kompetensi pedagogik Mahasiswa PPL ULM Program Studi Pendidikan Jasmani Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini angket digunakan sebagai alat pengumpul data untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap kompetensi pedagogik Mahasiswa PPL ULM. Populasi yang digunakan dalam peneliltian ini berjumlah 64 responden.
Data yang terkumpul dalam penelitian ini pada kategori sangat baik karena memiliki frekuensi paling tinggi sebanyak 26 responden (41%). Kemudian untuk kategori baik memiliki frekuensi sebanyak 21 responden (33%), kategori cukup memiliki frekuensi sebanyak 9 responden (14%), kategori tidak baik memilki frekuensi sebanyak 6 responden (9%), dan kategori sangat tidak baik memiliki frekuensi sebanyak 2 responden (3%).
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa “Persepsi Peserta Didik terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PPL ULM ULM Program Studi Pendidikan Jasmani Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2 Banjarbaru” masuk dalam kategori sangat baik karena memiliki frekuensi paling tinggi sebanyak 26 responden (41%) dari 64 peserta didik.