Abstract:
Muhammad Zein Albarazi, 1710412110009, Pengaruh Kepuasan Nasabah
Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk
Cabang Banjarmasin. Dibawah bimbingan M. Hasanur Arifin.
Kepuasan nasabah merupakan salah satu factor terpenting dalam
memberikan pelayanan kepada nasabah, hal ini berhubungan dengan loyalitas
nasabah yang ada di Bank Tabungan Pensiunan Nasional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh
Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Tabungan
Pensiunan Nasional Tbk Kantor Cabang Banjarmasin.
Populasi berjumlah 19.908 nasabah dengan teknik simple random
sampling, dan sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan
regresi linear sederhana dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Kepuasan Nasabah
terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk
Kantor Cabang Banjarmasin. Presentasi pengaruh kepuasan nasabah terhadap
loyalitas nasabah sebesar 38,5%. Hal ini bermakna ada pengaruh yang signifikan
kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci: Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah