Abstract:
Sikap profesional guru terutama pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Balangan dalam mengajar di sekolah terkesan biasa saja, dan kegiatan belajar mengajar belum sepenuhnya mencerminkan pembelajaran pada abad ke-21. Selain tanggung jawab guru sendiri, kepala sekolah juga merupakan penggerak utama dalam melaksanakan aktivitas pendidikan di sekolah.Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kepemimpinan situasional kepala sekolah, komunikasi, budaya kerja terhadap sikap professional guru SMA Negeri di kabupaten Balangan. Populasi mencakup guru di SMA Negeri Kabupaten Balangan sebanyak 189 orang, dengan sampel 128 orang dengan teknik Simple Random Sampling.. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan analisis jalur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kepemimpinan situasional kepala sekolah (17 item), komunikaksi (30 item), budaya kerja (35 item), dan sikap professional guru (25 item). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap sikap professional guru, komunikasi, dan budaya kerja ,komunikasi terhadap sikap professional guru, budaya kerja terhadap sikap professional guru, komunikasi terhadap budaya kerja, dan pengaruh tidak langsung kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan sikap professional guru melalui komunikasi dan budaya kerja.