Abstract:
ABSTRAK
Pratama, Rizky. 2022. Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah dan Semangat Kerja dengan Komitmen Kerja Guru SMA Swasta di Kota Banjarmasin. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D (2) Dr. Ngadimun, MM
Kata Kunci : Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Semangat Kerja Guru dan Komitmen Kerja Guru.
Kesuksesan suatu pendidikan terletak pada komitmen guru untuk mewujudkannya, oleh karena itu guru dituntut untuk lebih meningkatkan komitmen kerja dengan optimal agar kesuksesan tersebut dapat tercapai. Ada beberapa hal yang dapat menguatkan komitmen kerja guru diantaranya kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim sekolah dan juga semangat kerja guru, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan gambaran tentang kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim sekolah, semangat kerja guru dan komitmen kerja guru; Menganalisis hubungan langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan komitmen kerja guru, iklim sekolah dengan komitmen kerja guru, semangat kerja guru dengan komitmen kerja guru, kompetensi manajerial kepala sekolah dengan iklim sekolah, kompetensi manajerial kepala sekolah dengan semangat kerja guru; Menganalisis hubungan tidak langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan komitmen kerja guru melalui iklim sekolah, hubungan tidak langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan komitmen kerja guru melalui semangat kerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah 235 guru pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Kota Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan sampel sebanyak 148 guru. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan dengan google form. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path nalysis) dengan bantuan SPSS Versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah dengan komitmen kerja guru, iklim sekolah dengan komitmen kerja guru, semangat kerja guru dengan komitmen kerja guru, kompetensi manajerial kepala sekolah dengan iklim sekolah, kompetensi manajerial kepala sekolah dengan semangat kerja guru; terdapat hubungan tidak langsung yang positif dan signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah dengan komitmen kerja guru melalui iklim sekolah, hubungan tidak langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan komitmen kerja guru melalui semangat kerja guru.
Saran penelitian ini ditujukan kepada (1) kepala sekolah untuk lebih mampu mengelola perencanaan dan pelaksanaan.; (2) guru lebih meningkatkan rasa sopan di sekolah dan lebih peka terhadap guru lain. Selain itu, guru juga lebih berusaha memperbaiki diri agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik.