Abstract:
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru dalam menyelesaikanpermasahalan yang terjadi dalam proses pembelajaran, yaitu media yangdigunakan dalam pembelajaran kurang menarik sehingga menurunnya minat belajar siswa di kelas VII H SMP Negeri 1 Kotabaru dalam mata pelajaran IPA materi kelompok hewan. untuk itu, peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran power point interaktif dengan add on ispring yang bertujuan meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian dan pemngembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D) yang meliputi tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Teknik pengumpulan dan pengambilan data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif menggunakan sekala likert dengan rumus persentase untuk ahli media, ahli materi, sedangkan untuk minat belajar menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian dari validasi kelayakan ahli materi memperoleh nilai persentase 90,89?n 85?ngan katogeri “sangat layak” dan untuk validasi kelayakan ahli media memperoleh nilai persentase 85?n 93,33?ngan katogori „sangat layak”. Sementara itu untuk penilaian minat belajar siswa diperoleh bahwa nilai uji n-gaindengan memperoleh nilai 0,87 dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian, terjadinya peningkatan minat belajar siswa berdasarkan hasil uji coba N-Gain setelah menggunakan pembelajaran power point dengan add on ispring.tujuan kedepannya semoga media power point interaktif add on ispring ini dijadikan salah satu media yang banyak digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Power Point, Ispring,Minat Belajar