Abstract:
Meilynda(2022). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Shoping Lifestyle dan
Positive Emotion terhadap Impulse Buying (Studi Pada Pembelanja Online Shopee
di Banjarmasin). Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: RR Yulianti Prihatiningrum
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh
hedonic shopping value terhadap impulse buying (studi pada pembelanja online
Shopee di Banjarmasin) (2) Pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying
(studi pada pembelanja online Shopee di Banjarmasin) (3) Pengaruh positive
emotion terhadap impulse buying (studi pada pembelanja online Shopee di
Banjarmasin) (4) Pengaruh hedonic shopping value, shopping lifestyle dan
positive emotion terhadap impulse buying (studi pada pembelanja online Shopee
di Banjarmasin).
Jenis penelitian ini berupa penelitian kausal dengan metode kuantitatif.
Populasi pada penelitian ini adalah pembelanja online Shopee di Banjarmasin
yang pernah melakukan pembelian secara tak terencana atau impulse buying.
Jumlah sampel sebanyak 100 responden. teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan analisis
linier berganda.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic shopping
value tidak berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying pada pembelanja
online Shopee di Banjarmasin. Shopping lifestyle berpengaruh secara parsial
terhadap impulse buying pada pembelanja online Shopee di Banjarmasin. Positive
emotion berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying pada pembelanja
online Shopee di Banjarmasin. Hedonic shopping value, shopping lifestyle, dan
positive emotion berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying pada
pembelanja online Shopee di Banjarmasin.
Kata Kunci: Hedonic Shopping Value, Shopping Llifestyle, Positive Emotion
Impulse Buying