Abstract:
Penggunaan aplikasi tiktok di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat dapat dituangkan kedalam beberapa aktivitas penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas penggunaan aplikasi tiktok di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas penggunaan aplikasi tiktok di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat terbagi menjadi dua aktivitas yaitu: (1) aktivitas menonton konten tiktok, dimana di dalam aktivitas ini pengguna hanya menikmati konten yang ditampilkan pada aplikasi tiktok tersebut. Aktivitas menonton juga terbagi menjadi dua jenis konten yang ditonton, (a) jenis konten informasi dan (b) jenis konten hiburan. (2) aktivitas membuat konten tiktok, dalam aktivitas ini pengguna membuat konten dengan mengikuti konten yang sudah ada atau membuat konten dengan versi baru. Aktivitas membuat konten ini terbagi menjadi dua jenis konten yang dibuat, (a) jenis konten hiburan dan (b) jenis konten menguntungkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat dua aktivitas dalam penggunaan aplikasi tiktok di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, yaitu aktivitas menonton konten tiktok dan aktivitas membuat konten tiktok.