Abstract:
Fitriani, Novita. 2022. Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja terhadap Kinerja melalui Kepuasan Kerja Guru pada SDN se-Kecamatan Tanjung Tabalong. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D, (II) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Motivasi, Kepuasan, Kinerja
Kinerja guru merupakan aspek penting sebab sangat menentukan kualitas proses belajar mengajar. Namun fenonema di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang dinilai memiliki kinerja rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan lingkungan kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong, (2) Menganalisis pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap kinerja; motivasi terhadap kepuasan kerja; kepuasan kerja terhadap kinerja; lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja; motivasi terhadap kepuasan kerja. 3) Pengaruh tidak langsung lingkungan kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja; motivasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri se-Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong sebanyak 220 orang dengan sampel sebanyak 145 orang ditentukan secara Simple Proportionate Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokmentasi kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Lingkungan kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja tergolong cukup, sedangkan kinerja guru tergolong tinggi. 2) Terdapat pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap kinerja; motivasi terhadap kinerja; kepuasan kerja terhadap kinerja; lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja; motivasi terhadap kepuasan kerja, 3) Terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja guru; motivasi kerja guru terhadap kinerja melalui kepuasan kerja guru.
Hendaknya guru lebih banyak melakukan penelitian Tindakan dengan harapan bisa menemukan strategi atau model pembelajaran yang paling sesuai diterapkan bagi peserta didik, sekaligus untuk meningkatkan kompetensi profesional guru demi optimalisasi kinerja.