Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menentukan srategi pengembangan usaha jamur merang “BAJARANG” di Gunung Kupang Cempaka Banjarbaru dan bagaimana strategi pengembangan usaha jamur merang “BAJARANG” melalui analisis SWOT dan QSPM. Penelitian ini dilaksanakan Gunung Kupang Cepaka Banjarbaru, pada bulan September 2021. Penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan responden, responden yang telah ditentukan terdiri dari 2 orang pemilik usaha jamur merang ”BAJARANG”, penarikan contoh dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sengaja (Purposive Sampling) kriteria populasi yang telah ditentukan terdiri dari 2 orang sebagai pemilik usaha karena usaha jamur merang “BAJARANG” merupaka usaha kelompok. Strategi pengembangan usaha jamur merang “BAJARANG” melalui analisis SWOT dan QSPM yang mempertimbangkan sebuah pencapaian dengan analisis setiap faktor internal dan eksternal yang dianalisis melalui identifikasi dan perhitungan untuk mendapat sebuah alternatif strategi yang menarik di pertimbangkan dalam keputusan pengembangan usaha. Hasil yang di peroleh melalui perhituangan analisis SWOT dan QSPM dengan mengetahui Total nilai daya tarik pemilik usaha, alternative strategi yang paling menarik di prioritaskan untuk diterapkan yaitu aktif mempromosikan jamur merang melalui sosial media dengan mengenalkan kualitas dan manfaat kandungan gizi yang baik pada jamur merang, dengan skor QSPM tertinggi 4.93207237 pada urutan pertama. Prioritas yang didapat akan menjadi pertimbangan yang menarik pada perusahaan untuk mencapai tujuan dalam pengembangan usaha jamur merang.