Abstract:
Abdul Wahab. 2023. Dampak Proses Pembelajaran PJOK Secara Daring Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung
Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Rahmadi, S.Pd, M. Pd. (II) Dr. Tri Irianto, M. Kes, AIFO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dari adanya COVID-19 dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Tanah Laut. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan instrumen berbentuk kuesioner. Penelitian ini dilakukan
dengan melibatkan sampel Guru PJOK dan Siswa yang berada di kabupaten Tanah Laut jenjang SMP dan SMA. Teknik Sampling yang digunakan untuk menetukan banyaknya sampel dari populasi yaitu quota sampling yang merupakan teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 36 orang guru dan sampel siswa sebanyak 180 orang siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dampak covid-19 dalam proses pembelajaran daring jenjang SMP dan SMA di kabupaten Tanah Laut, dampak positif bagi guru yaitu pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, melihat keterbatasan jangkauan internet, menganalisis motivasi belajar siswa. Dampak Positif bagi siswa meliputi indikator: menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan dampak negatif bagi guru yaitu dalam evaluasi pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa , menganalisis aktivitas siswa , melihat sarana dan prasarana, menganalisis tingkat kejenuhan siswa. Dampak negatif bagi siswa meliputi indikator: mengaplikasikan teknologi/multimedia secara efektif, pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, evaluasi pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, melihat keterbatasan jangkauan internet, menganalisis motivasi belajar siswa, menganalisis aktivitas siswa, melihat sarana dan prasarana. Selain indikator yang memiliki dampak positif atau negatif terdapat juga dampak yang seimbang yaitu dalam mengaplikasikan teknologi/multimedia secara efektif bagi guru.
Kata Kunci: Proses Pembelajaran Daring, Covid-19, Dampak Positif, Dampak Negatif,