Abstract:
Norwida Wulandari (2022), Pengaruh Local Celebgram, Culture, Humor dan Creativity terhadap Purchase Intention Konsumen Banjarmasin di Sosial Media Instagram: Pembimbing: Bapak Arief Budiman, SE, MMKtg. Ph.D., CPM (Asia).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Local Celebgram, Culture, Humor dan Creativity terhadap Purchase Intention Konsumen Banjarmasin.
Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen Banjarmasin pengguna aplikasi Instagram dan juga sampel yang menjadi bagian populasi penelitian yaitu konsumen di kota Banjarmasin yang pernah melihat iklan endorse dari Celebgram lokal di Instagram. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling, dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 110 dari total populasi masyarakat pengguna aplikasi Instagram di Banjarmasin. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data lapangan (field data) melalui kuesioner online masyarakat pengguna aplikasi Instagram di Banjarmasin. Teknik analisis yang digunakan yaitu Analisis faktor konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis atau CFA), merancang model pengukuran (Outer Model), Convergent validity, Discriminant validity, Composite Reliability, merancang model struktural (Inner Model), Uji Goodness of fit dan Uji T.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Local Celebgram secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention konsumen Banjarmasin pada sosial media Instagram. Culture secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention konsumen Banjarmasin pada sosial media Instagram. Humor secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention konsumen Banjarmasin pada sosial media Instagram. Creativity secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention konsumen Banjarmasin pada sosial media Instagram.
Kata Kunci: Local Celebgram, Culture, Humor, Creativity, Purchase Intention.