Abstract:
Media dengan memanfaatkan teknologi merupakan salah satu bentuk pembelajaran abad 21, seperti menggunakan media pembelajaran interaktif menggunakan Android. Salah satu materi yang menarik untuk dikembangkan dalam bentuk interaktif adalah sistem gerak, sebagai salah satu langkah mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesesuaian, (2) kelayakan, (3) keterbacaan, dan (4) respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi android. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4D oleh Thiagarajan et al., (1974) dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik. Subjek uji kesesuaian dan kelayakan terdiri atas 3 orang ahli materi yaitu 2 orang dosen dari Pendidikan Biologi FKIP ULM, dan 1 orang guru mitra SMA Negeri 12 Banjarmasin, serta 1 orang ahli media dari dosen pengajar Teknik Informatika di STMIK Banjarmasin. Subjek uji keterbacaan dan respon peserta didik terdiri atas 12 orang peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Banjarmasin. Hasil penelitian media pengembangan media interaktif berbasis aplikasi android yang dikembangkan memperoleh nilai kesesuaian sebesar 4,29, yang tergolong “sangat sesuai,” memperoleh nilai kelayakan dari ahli materi sebesar 4,49, serta kelayakan dari ahli media sebesar 4,35, yang tergolong “sangat layak,” memperoleh nilai keterbacaan sebesar 4,59, yang tergolong “sangat baik,” dan memperoleh nilai respon peserta didik sebesar 4,51, yang tergolong “sangat baik.”