Abstract:
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI KELAINAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA (Oleh: Sholihatun Annisa; Pembimbing: Aminuddin Prahatama Putra, Aulia Ajizah; 2023; 62 halaman)
ABSTRAK
Pembelajaran masa kini menuntut siswa menguasai kemampuan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI MA materi Kelainan Sistem Gerak pada Manusia, (2) mendeskripsikan hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa kelas XI MA materi Kelainan Sistem Gerak pada Manusia dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, (3) mendeskripsikan respon siswa kelas XI MA terhadap pembelajaran materi Kelainan Sistem Gerak pada Manusia melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain penelitian the nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney Test dari pretest-posttest dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi Kelainan Sistem Gerak pada Manusia berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, (2) hasil belajar kognitif proses dengan penerapan model berbasis masalah sudah dalam kategori baik, (3) hasil belajar afektif perilaku berkarakter siswa dan perilaku sosial termasuk dalam kategori baik sampai amat baik, (4) hasil belajar psikomotorik sudah dalam kategori baik, (5) Penerapan model berbasis masalah (problem based learning) mendapatkan respon positif sebesar 88,7%.
Kata Kunci: hasil belajar, materi kelainan pada sistem gerak, problem based learning