Abstract:
Guru memiliki interaksi paling intensif dengan peserta didik, sehingga perannya memberikan pengaruh terhadap cara berpikir, bersikap dan berperilaku siswa. Akan tetapi pada kenyataannya kebanyakan guru abai terhadap tugas dan perannya tersebut, karena beberapa hal terutama: rasa keikhlasan, sulit beradaptasi, kurang menghargai pemimpinnya, tingkat kepuasan kerja, dan komitmen organisasi yang kurang jelas karena lebih mementingkan materi dari kepuasan kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Guru, Komitmen Organisasi dan OCB (2) adakah pengaruh langsung antara: (a) Kepemimpinan Transformasional terhadap OCB, (b) Kepuasan Kerja terhadap OCB, (c) Komitmen Organisasi terhadap OCB, (d) Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasi, e) Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi, (3) adakah hubungan tidak langsung antara (a) Kepemimpinan Transformasional terhadap OCB melalui Komitmen Organisasi dan (b) Kepuasan Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja terhadap OCB melalui Komitmen Organisasi.
Penelitian ini adalah penelitian desktriptif-kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 174 orang guru SDN Se Kecamatan Martapura. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).
Berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Guru, Komitmen Organisasi dan OCB dengan kriteria tinggi; 2) pengaruh langsung antara: (a) Kepemimpinan Transformasional terhadap OCB sebesar 0,350 (b) Kepuasan Kerja terhadap OCB sebesar 0,403, (c) Komitmen Organisasi terhadap OCB sebesar 0,338, (d) Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasi sebesar 0,315, e) Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi sebesar 0,635, (3) adakah hubungan tidak langsung antara (a) Kepemimpinan Transformasional terhadap OCB melalui Komitmen Organisasi sebesar 0,106 dan (b) Kepuasan Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja terhadap OCB melalui Komitmen Organisasi sebesar 0,215,
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru, Komitmen Organisasi terhadap OCB. Disarankan bagi kepala sekolah dapat meningkatkan kepemimpinan transformasionalnya agar peran dan tanggungjawab guru di lingkungan Sekolah Dasar Negeri lebih baik lagi. Bagi guru dapat meningkatkan peran dan tanggungjawabnya dalam menjalankan tugas sehingga proses belajar mengajarnya di kelas berjalan dengan baik sehingga siswa dapat berprestasi.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru