Abstract:
ABSTRAK
Yoppy Irvan Aditya, 1610414310037, 2023. Hubungan Penggunaan Media Sosial Group Facebook @ Jual Beli Online Rantau Tapin Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Anggota Group Facebook @Jual Beli Online Rantau Tapin).
Media dianggap sebagai satu-satunya faktor yang mendukung bagaimana kebutuhan terpenuhi, salah satunya adalah komunitas virtual atau group pada Facebook. untuk mengetahui hubungan penggunaan media social Facebook @Jual Beli Online Rantau Tapin terhadap minat beli konsumen di Kota Tapin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, sampel yang ditetapkan 347 responden dari populasi yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan presisi kepercayaan 5?n kesahihannya 95%. Penelitian ini menggunakan teori pendekatan Uses and Gratifications.
Hasil penelitian ditemukan bahwa nilai korelasi (R) sebesar 0,876. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,768 yang dapat diartikan bahwa penggunaan media social group facebook “Jual Beli Online Rantau Tapin” dapat menjelaskan minat beli konsumen sebesar 76,7 persen, sedangkan sisanya sebesar 23,3 persen disebabkan oleh faktor lain. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tersebut diterima. Penelitian ini juga membuktikan bahwa asumsi dasar dari teori uses and gratifications itu adalah berfokus pada khalayak media. Di mana keputusan menggunakan media sepenuhnya berada di tangan khalayak hingga pada akhirnya mereka dapat memutuskan untuk menggunakan media atau tidak menggunakan sama sekali.
Kata Kunci: Facebook, Media, Minat Beli, Uses and Gratifications