Abstract:
Pemerintah secara bertahap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah
formal. Beberapa sekolah sudah ditunjuk menjadi sekolah penggerak. Adapun
sekolah lainnya diberi kebebasan dalam menentukan antara Mandiri Belajar,
Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi. Beberapa sekolah di Hulu Sungai Selatan
sudah menerapkan dengan opsi Mandiri Berubah. Untuk mendapatkan gambaran
tentang pelaksanaan Kurikulum Merdeka dari sudut pandang guru dan siswa,
maka perlu dilakukan penelitian yang berkaitan dengan topik tersebut. Tujuan
penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa
terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Matematika di
SMA Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode yang digunakan adalah
metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Se-Kabupaten Hulu
Sungai Selatan yang menggunakan Kurikulum Merdeka dengan opsi Mandiri
Berubah. Variabel dari penelitian ini adalah persepsi guru dan persepsi siswa
terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Matematika.
Sampel dalam penelitian ini adalah 8 guru yang mengajar kelas X dan 259 siswa
kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket persepsi
guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan persepsi guru masuk dalam
kategori terlaksana dengan baik dan berdasarkan persepsi siswa masuk dalam
kategori terlaksana dengan sangat baik.